Selasa, 25 Mei 2010

BERITA KOMINFO : JUMLAH POS PAUD DI SOLO MENINGKAT

Jumlah Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Solo mengalami peningkatan dan pada tahun 2009 menjadi 125 buah, dari sebelumnya sebanyak 90 buah.
Namun meski demikian, Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo tidak memiliki target mengenai jumlah Pos PAUD untuk tahun 2010.


“Kami tidak memiliki target tertentu terkait jumlah pos PAUD dari tahun ke tahun. Tapi pos PAUD di Solo melebihi target kota-kota lain,” kata Kepala Seksi Kesetaraan dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Solo, Drs. Waliyono, MM, seperti dikutip siaran pers Seksi Pelayanan Informasi Monumen Pers Nasional (MPN) Solo, Senin (22/2).
Menurutnya, peran Disdikpora hanya meregulasi Pos PAUD dan mengimbau masyarakat agar mengembangkan pos PAUD.
Disdikpora mempermudah syarat pendirian pos PAUD, memberikan sosialisasi dan memotivasi masyarakat agar mendirikan pos PAUD karena PAUD penting untuk membantu mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan lanjutan dan melatih kecerdasan saraf sensorik dan motorik.
Syarat mendirikan pos PAUD adalah: mengantongi izin lingkungan, mengisi formulir kepengurusan, memiliki jadwal pembelajaran yang jelas, jumlah warga belajar sekitar 10-20 anak, dan tutor minimal dua orang dengan jenjang pendidikan minimal SMA dan berusia diatas 18 tahun.
Sementara untuk Anggaran Dasar/Anggaran Rumah tangga (AD/ART) dan izin dari notaris dapat disusulkan, katanya.
Selama ini bantuan untuk Pos PAUD diperoleh dari pemerintah pusat. Bantuan dari APBN tersebut kemudian dialokasikan ke provinsi, dan selanjutnya ke masing-masing kabupaten/kota. “Kami hanya mengusulkan nama-nama penerima,” katanya.
Setiap Pos PAUD rintisan atau baru berdiri sekitar tiga hingga enam bulan, mendapat bantuan senilai Rp 5 juta per tahun, sedangkan bantuan fasilitas PAUD diberikan kepada PAUD yang berdiri minimal satu tahun, juga senilai Rp 5 juta/tahun.

1 komentar:

shasya mengatakan...

tingkatkan terus PAUD di solo, biar generasi muda bisa mengenal pendidikan dlm usia dini...

Posting Komentar

Silahkan Komentar di sini.

====================================================================================== -->