Jumat, 04 Juni 2010

PENDIDIKAN NONFORMAL MENJADI PILIHAN ALTERNATIF


Pelatihan Web Joomla di LPK. Bina Insani salah satu bukti bahwa peran pendidikan non formal menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat. Dilihat dari peserta yang mengikuti program tersebut adalah dari karyawan sebuah perguruan tinggi swasta terkemuka di Jawa tengah Ini membuktikan bahwa pendidikan non formal masih sangat di harapkan oleh masyarakat.

Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.


Pendidikan non formal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Pendidikan non formal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.

Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

Hadirnya pendidikan non formal merupakan upaya dan solusi persoalan-persoalan yang tidak terakomodir di lembaga pendidikan formal. Dengan tawaran sifat aplikatif dan biaya yang relatif lebih murah, banyak lembaga pendidikan non formal terbukti mampu menghasilkan lulusan yang sama kualitasnya bahkan lebih handal dari pada lulusan yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan formal dalam menghadapi persaingan terutama dunia kerja.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan non formal sebenarnya ada pada fleksibilitas waktu yang dimiliki. Selain bisa dijalankan secara manunggal, pendidikan non formal bisa dijalankan pula secara berdampingan dengan pendidikan formal. Tak mengherankan apabila belakangan lembaga pendidikan non formal tumbuh dengan pesat, berbanding lurus dengan tingginya minat masyarakat terhadap jenis pendidikan tersebut.

6 komentar:

Unknown mengatakan...

waaah bgus banget nie...asyk jg tuh, pengen belajar web design jg deh ^^ semangat buat Bina Insani

Unknown mengatakan...

Numpang tanya mas.admin,..apakah web gratis seperti blog atau wordpress tampilanya bisa di bikin seperti toko online ?? kalo saya ingin blejar lebih lanjut mengenai blog,.kira2 waktunya berapa lama ya??

Pesona Indonesia mengatakan...

Ya trima kasih mbak lieta klu ingin belajar web silahkan ke LPK. Bina Insani

Pesona Indonesia mengatakan...

Mas andri : untuk blog baik blogspot atau wordpres bisa bikin toko On Line, termasuk bagai mana membuat konten prodak dengan pricenya dan bagaimana cara pembayarannya bisa di buat. klu ingin belajar blog 12 ptm. trims atas pertanyaan anda.

awan hermawan mengatakan...

pagi bung.zami..
numpang tanya nieh,..kalo mo ganti header di blog gimana caranya ya,..

kambing_ketawa@yahoo.com mengatakan...

sugeng enjing mas.admin,..
apakah bisa alamat web dg menggunakan blog/wordpress, dihilangkan blogspot/wordpressnya sehingga hanya menjadi : .com saja,tanpa harus membeli domain..kalo bisa gimana caranya

Posting Komentar

Silahkan Komentar di sini.

====================================================================================== -->